Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Dianggap remeh? Inilah manfaat singkong yang mendongkrak kesehatan kamu!

Hai, Gethuk Squad! Apa yang kamu pikir waktu kamu mendengar kata singkong? Ya, pasti kamu akan mikir kalau singkong ini sumber energi. Tapi, banyak dari masyarakat modern kini yang melupakan manfaat singkong! Untuk itulah, disini kita akan ingatkan kembali tentang kebaikan singkong ya!

Nah, manfaat singkong yang mau kita share ini bukan hanya bualan aja. Tapi, sudah ada yang membuktikan dengan cara diteliti oleh kebanyakan ilmuwan di dunia lho. Salah satu sumber yang kita bahas disini adalah penelitian dari situs terkenal yaitu Researchgate.

Juga, kamu harus bener-bener memperhatikan kalau penelitian ini sudah masuk jurnal internasional. Jadi, sudah barang pasti bahwa fakta-fakta ini sudah diakui kebenarannya.

Oke deh, kalau kamu sudah tidak sabar buat pembahasan manfaat singkong ini, yuk kita mulai aja!

Fungsi dan manfaat singkong untuk kesehatan dan penampilan

Mungkin banyak banget dari kita yang tertuju ke makanan kalau bahas singkong ini. Haha, yah maklum aja. Nih udah pada lapar dan bete. 

Yakin deh kalau udah baca artikel ini, kamu akan giat banget dalam mengkonsumsi singkong. Alasannya, karena singkong tidak hanya berperan penting dalam masalah kesehatan organ dalam tubuh, namun juga orang lainnya. Seperti rambut, kulit dan masih banyak lagi!

So, simak manfaat singkong ini selengkapnya ya!

Manfaat singkong untuk kulit

#1 Menghaluskan dan mencerahkan kulit

Manfaat pertama ini mungkin banyak yang belum tahu ya. Ya, singkong ternyata berkhasiat banget untuk menjaga kesehatan dan kecerahan kulit lho!

Faktanya kulit singkong adalah zat pengangkat sel kulit mati lho! Jadi, kalau kamu punya banget sel kulit mati terutama di wajah yang buat kamu merasa enggak banget, singkong ini solusinya!

Kamu bisa menggunakan singkong sebagai scrub! Caranya mudah baget. Kamu hanya butuh mengumpulkan kulit singkong yang putih dan membuat pasta.

Gosokkan scrub tersebut ke muka dengan lembut dan sedikit memijatnya. Tujuan adanya pemijatan ini adalah untuk membantu memaksimalkan kerja scrub ini agar berhasil. Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas wajah dengan air hingga bersih!

Jika kamu lupa untuk membersihkan atau membasuh muka dengan bersih, maka kamu akan berpotensi untuk terkena getah. Bukan membantu membersihkan wajah, tambah wajah kamu akan jerawatan! Haha…

Untuk hasil yang maksimal, kita sarankan kamu untuk menggunakannya secara rutin 3 kali seminggu.

#2 Masker wajah

Kamu suka pakai masker? Kalau iya, kamu bisa deh coba masker yang terbuat dari singkong! Ternyata singkong adalah salah satu alternative penyerap noda lho! Jadi, tidak heran deh jika singkong ini juga menjadi favorit kebanyakan remaja sebagai masker.

Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Cara menggunakan singkong sebagai masker ini juga sangat mudah. Sebelum menggunakan masker, sebaiknya kamu membasuh muka dengan air hangat. Tujuannya adalah untuk membuka pori-pori wajah. Dengan begini, singkong ini akan bekerja maksimal menyerap dan membersihkan kulit wajah.

Diamkan masker wajah itu selama kurang lebih 30 menit! Setelah selesai, basuh muka kamu menggunakan air dingin. Fungsi dari air dingin ini adalah untuk menutup kembali pori-pori yang udah terbuka tadi.

Terus seberapa sering dong kita menggunakan masker ini agar terlihat perkembangannya?

Pertanyaan bagus, Gethuk Squad! Kamu bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan dengan memakai masker ini 3 kali seminggu. Ingat ya, kamu harus rutin. Jika tidak, maka kulit yang sehat itu akan rentan kembali terkena masalah.

#3 Menghilangkan bekas luka

Kamu punya bekas luka yang bandel banget? Tentunya, kamu capek banget kan kalau punya bekas luka yang tidak hilang-hilang. Apa lagi di daerah yang begitu terlihat! Eoww!

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan singkong untuk menangani masalah ini. Salah satu manfaat singkong yang dihasilkan dari kandungan airnya adalah bisa membantu mengurangi tampilan bekas luka.

Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Jadi, apa yang kamu perlukan?

Nah, disini kamu hanya butuh memarut singkong untuk mendapatkan airnya. Setelah air singkong ini berhasil diambil, maka kamu bisa menggunakannya di bekas luka itu hanya dengan mengolesnya.

Lakukan hal ini setiap hari untuk mempercepat hasil yang kamu inginkan.

Manfaat singkong untuk kesehatan rambut

Kamu kira singkong hanya bisa berguna dalam kesehatan kulit aja? No! Singkong ini ternyata juga punya manfaat yang sangat penting lho untuk kesehatan rambut!

Kalau kamu masih tidak percaya juga, nih kita kasih kamu penjelasan lengkapnya!

#1 Mempercepat pertumbuhan rambut

Sebel banget kan kalau rambut kamu lamban banget tumbuhnya? Khususnya buat para cewek yang suka banget memelihara keindahan rambutnya!

Enggak cuman cewek ya yang suka rambut panjang, cowok juga suka ko rambut panjang!

Ya, oke lah. Jadi, untuk cewek dan cowok, kamu musti deh coba singong sebagai alternatif untuk mempercepat pertumbuhan rambut kamu. Mungkin kebanyakan dari kita masih awam ya tentang manfaat singkong yang satu ini.

Hasil penelitian membuktikan bahwa peningkatan pertumbuhan rambut ini bisa dirangsang dengan singkong dan daun singkong.

Caranya, tumbuklah singkong dan daun singkong. Setelah itu, peraslah hasil tumbukan tersebut. Pasta hasil perasan itu lah yang bisa kamu gunakan di rambut kamu!

Gunakan pasta itu minimal 3 kali seminggu.

#2 Mengkontrol rambut rontok

Buat sebagian bersar cewek, kita tahu bahwa kamu punya masalah dengan rambut rontok. Kalau mandi keramas, lihat rambut rontok itu horror banget kan?

Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Apa lagi kalau udah kering, terus disisir. Makin jadi aja tuh rambut rontoknya kan??

Tapi, jangan khawatir! Kini singkong akan membantu kamu! Tak disadari bahwa manfaat singkong salah satunya adalah bisa membantu kontrol rambut rontok.

Kamu hanya butuh mengusapkan air hasil parutan singkong di rambut kamu. Jadi, selain mempercepat dan merangsang pertumbuhan rambut, singkong ini juga berguna untuk mencegah rambut rontok!

Keren kan??

Manfaat singkong untuk kesehatan tubuh

Kini, kita menuju ke pambahasan sebenarnya tentang manfaat singkong dalam kesehatan tubuh. Jika kamu semua sudah tahu bahwa singkong adalah sumber gizi dan energi, maka itu belum cukup lho! Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan dari singkong ini! Yuk kupas satu per satu!

#1 Menurunkan berat badan

Untuk para kaum cewek yang suka dalam program diet, makanan apa yang biasa kamu makan dalam diet? Kentang? Apa lagi?

Kan yang paling rekomend kentang! Ya, kita makan kentang sih untuk diet!

Gimana kalau sekali-kali kamu ganti dengan singkong? Ternyata, manfaat singkong juga bisa berkembang di dalam penurunan berat badan lho!

Penelitian membuktikan bahwa dalam singkong terkandung rendah kalori dan tinggi serat. Apa artinya? Ya, artinya adalah mengkonsumsi singkong bisa menahan kenyang lebih lama.

#2 Meredakan sakit kepala

Hayo ngaku aja siapa yang sering banget kena pusing alias sakit kepala. Kalau memang kamu salah satunya, maka kamu bisa menjadikan singkong sebagai obat!

Caranya, siapkan singkong dan daun singkong sebanyak 60 gram aja. Lalu, rendam singkong dan daun singkong ini tadi.

Nah, buatlah jus dari campuran singkong dan daun singkong ini ya! Minumlah jus ini dua kali dalam sehari!

#3 Membantu mengurangi rematik

Bagi kebanyakan orang tua, penyakit yang sangat sering dikeluhkan adalah rematik. Jadi, sebenarnya, rematik ini terjadi karena adanya gangguan di jaringan tulang dan sendi. Banyak akibat yang disebabkan oleh penyakit ini seperti osteoporosis, artritis dan lupus.

Inilah manfaat singkong terbaik untuk kesehatan kamu!

Penyebab utam penyakit ini adalah kurangnya kadar magnesium yang ada dalam tubuh sehingga daya tahan oto kurang. Faktanya, singkong mengadung magnesium yang besar.

Untuk membuat obat atau ramuan dari singkong ini, kamu hanya perlu siapkan 150 gram singkong dan daun singkong, garam secukupnya dan 15 gram gingseng. Rebus kesemuanya itu dalam air hingga hanya tersisa 400 cc. Minum setiap pagi untuk membantu mencegah kambuhnya rematik ini di malam hari.

#4 Meningkatkan kinerja otak

Sebenarnya, singkong sangat berguna untuk perkembangan otak anak. Tapi, masalahnya kini adalah banyak anak yang tidak suka singkong. Mereka menganggapnya makanan tradisional yang tidak cocok untuk generasi millennials.

Padahal, faktanya, salah satu manfaat singkong adalah meningkatkan performa otak lho. Nutrisi berupa 80% karbohidrat ini membantu menyediakan energi yang besar untuk keperluan tubuh dan otak. Mengkonsumsi singkong dalam kehidupan sehari-hari akan membantu anak lebih berkonsentrasi dan tidak cepat lelah dalam belajar.

#5 Menjaga kesehatan otot

Nutrisi yang terkandung dalam singkong yang berupa 2 gram protein akan membantu pertumbuhan dan menjaga stabilitas otot.

Jadi, kalau kamu mau otot yang sehat, singkong bisa menjadi asupan makanan kamu!

Kesimpulan

Banyaknya manfaat singkong yang belum diketahui oleh banyak orang ini menjadikan singkong dianggap sebagai makanan tradisional yang punya sedikit manfaat. Padahal kandungan dalam singkong bukan main lho!

Jadi, sebagai generasi milennials yang cerdas, yuk kita manfaatkan singkong ini untuk menjaga kesehatan tubuh kita!

Oh iya, kamu mau tidak makan makanan dengan bahan dasar singkong?

Ya kalau enak mau aja! Cuman sekarang kan produk singkong jarang yang enak! Kebanyakan makanan tradisional yang tidak menarik! Jadi ya males banget buat makan singkong ini!

Apa kamu masih suka berpikir begini? Kalau ya, kamu perlu deh coba Oh My Gethuk! Gethuk dari bahan singkong premium 100% alami ini akan membantu kamu menjaga kesehatan dengan rasa yang kekinian!

manfaat singkong yang tidak kamu ketahui

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *